Nasional, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan operasi pencegahan anthrax harus dilakukan di daerah-daerah yang terjangkit virus itu. Operasi harus dilakukan agar tidak ada penyebaran virus maupun menimbulkan ketakutan di masyarakat.

"Pasti harus diadakan operasi, di samping pemusnahan yang sudah kena, juga bagaimana hewan-hewan di masyarakat khususnya anjing juga ditreatment," kata Wakil Presiden sebagaimana direkam oleh Biro Komunikasi dan Informasi Publik Setwapres. Wakil Presiden mengatakan ini kepada wartawan yang bertanya mengenai penyebaran anthrax di Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Baca: Gorontalo Musnahkan Kerbau Terduga Antraks

Seperti diberitakan, belasan warga Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, terkena virus anthrax setelah mengonsumsi daging sapi yang diduga terserang anthrax. Dalam pengetesan laboratorium oleh pemerintah daerah setempat, ada 16 orang yang terkena virus itu.

Menurut Kalla, penyebaran virus itu sangat berbahaya. "Biasanya kalau banyak terbuka begitu memang kadang-kadang orang takut bahaya, masyarakat takut makan daging." Oleh karena itu dalam operasi, selain melalui pencegahan, juga harus ada pemusnahan hewan yang diduga mengidap virus anthrax.


AMIRULLAH SUHADA


Berita Terkait