Gaya, Jakarta -Sudahkah Anda beres-beres rumah jelang Tahun Baru Imlek mendatang Menurut hitungan feng shui ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menata hunian pada Tahun Ayam Api ini.

Pakar feng shui Sidhi Wiguna Teh menjelaskan, 2017 merupakan tahun ding you atau familiar dikenal dengan ayam api. Ding, ujarnya, adalah batang langit yang memiliki elemen api yin. Sedangkan you adalah cabang bumi yang mempunyai elemen logam yin.

"Cabang bumi ini lazim disebut sebagai shio. Jadi you inilah yang dikenal dengan shio ayam," tuturnya, Jumat (20/1/2017).

Baca juga:2017, Disain Rumah pun Harus Pintar. Begini Konsepnya

Sedangkan pada tahun ini, Sidhi menuturkan, penguasanya merupakan bintang nomor satu yang melambangkan kebijaksanaan. Artinya , pada 2017 kehidupan berjalan lebih adem, kendati terjadi ketidakharmonisan antara batang langit dengan cabang bumi.

Energi
Bicara menata rumah pada Tahun Ayam Api. Sidhi mengatakan, hal itu tergantung pada qi (energi) terhadap delapan arah mata angin yaitu utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, dan utara.

Dijelaskan, berdasarkan hitungan feng shui ada beberapa arah yang memiliki elemen negatif dan positif di tahun ayam api. Untuk arah-arah yang memiliki energi negatif, Sidhi mengatakan berada di selatan.

Hal tersebut terjadi karena selatan kedatangan bintang nomor lima yang melambangkan obstacle star (bintang penghambat).

Oleh sebab itu apabila pintu rumah, arah tidur, meja kerja menghadap ke arah selatan, maka perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan. "Perlu check and recheck lah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Selain itu penghuni juga harus lebih hati-hati dalam berjalan," ujarnya.

Selanjutnya : Menangkal hal-hal negatif