Nasional, Makassar-- Petugas Bandara Sultan Hasanuddin mengamankan Sulaiman 26 tahun penumpang Wings Air dengan tujuan Makassar-Bima pada Minggu, 29 Januari 2017, sekitar pukul 14:50 Wita. Sebab, warga asal Dompu, Bima NTB ini bercanda dengan menyebut ada bom saat berhadapan Pramugari Wings Air bernama Fitta Tritian di atas pesawat Wings IW-1869 tujuan UPG-BIMA.

Kepala Kepolisian Resor Maros Ajun Komisaris Besar Polisi Erik Ferdinand menjelaskan bahwa pelaku tiba dari Merauke menggunakan pesawat Batik ID-6161 kemudian melanjutkan penerbangan ke Bima dengan menggunakan pesawat Wings IW-1869.

Namun kata dia, saat pelaku naik pesawat dan tiba didalam cabin dengan membawa 2 koli barang tentengan. "Saat itu pelaku ditanya oleh pramugari, tentengannya itu berisi apa, pelaku dengan spontan menjawab bom," kata Erik, Minggu, 29 Januari 2017.

Baca juga:
Ansor Jatim Gerakkan Netizen NU Tangkal Hoax
Rektor UII: Tak Perlu Bikin Petisi untuk Membela Saya

Mendengar kabar tersebut, pramugari langsung memberitahu ke Pilot kemudian melaporkan ke Security Lion Air, untuk mengamankan pelaku lalu melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaannya. "Atas perintah Pilot juga, seluruh penumpang dan barang bagasi diturunkan kemudian diperiksa ulang di SCP transit," tutur dia.

Sementara untuk bagasi dan kargo sebanyak 31 koli dikeluarkan dan dibawa ke X-ray loading dock melalui pintu samping posko. Namun, menurut dia, setelah dilakukan pemeriksaan kepada seluruh penumpang beserta barang bawaan ternyata dinyatakan aman dan tidak ada yang berbahaya. Sehingga seluruh penumpang kembali boarding melalui gate 4.

Sedangkan untuk pelaku keberangkatannya ditunda dan dibuatkan surat pernyataan oleh pihak Otoritas Bandara Wilayah V yang ditanda tangani oleh Henny selaku PPNS DItjen Hubud Kemenhub RI, Avsec Bandara Haryanto serta Avsec Lion Grup Syaiful Rahman. "Sementara pelaku kami amankan di Polsek Bandara untuk menunggu pemberangkatan Senin besok."

Juru Bicara Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Komisaris Besar Dicky Sondani menambahkan bahwa pesawat mengalami penundaan keberangkatan lantaran ulah Sulaiman yang mengatakan jika dirinya membawa bom.

Padahal, kata dia, barang yang dibawa Sulaiman tersebut ternyata berisi buku nuansa islam seperti Yayasan Al-Hisbah Bogor, Buku, petunjuk shalat, puasa, berhijab dan Taubat. "Karena ulah dia (Sulaiman) penerbangan mengalami penundaan," kata Dicky.

DIDIT HARIYADI