Dunia, London-Pangeran William dan Harry akan membangun patung untuk mengenang ibu mereka Lady Diana yang tewas dalam tabrakan 20 tahun lalu. Patung akan diletakkan di tengah-tengah taman publik stana Kensington.

Patung yang belum diumumkan bentuknya itu telah mendapat persetujaun dari Ratu Inggris, Elizabeth.

Baca juga:
Surat Lady Di Tentang Anak-anaknya Terjual Rp 250 Juta
Anggunnya Kate Middleton Kenakan Tiara Kesukaan Lady Diana

"Ratu mengetahui rencana ini dan mendukung harapan Pangeran Duke dan Pangeran Harry untuk mengenang masa hidup dan pekerjaan ibu mereka," ujat juru bicara istana Buchingham kepada Sunday People dan dikutip Mirror.co.uk.

Saat kematian Lady Diana pada 31 Agustus 1997, Ratu menolak memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang sebagai simbol duka.

Pembangunan patung Lady Diana sudah lama digagas oleh kedua anak Lady Diana. Diam-diam William dan Harry melakukan kampanye sendiri dan membentuk komite beranggotakan enam orang untuk secara pribadi mengumpulkan bantuan dana untuk pembangunan status ibu mereka.

"Sudah 20 tahun berlalu sejak kematian ibu kami dan saatnya tepat untuk mengakui pengaruh positifnya di Inggris dan seluruh dunia dengan patung permanen. Sentuhan ibu saya untuk banyak orang. Kami berharap patung ini akan membantu semua orang yang berkunjung ke istana Kengsinton merefleksikan hidupnya dan warisannya," kata William dan Harry dalam satu pernyataan bersama.

Patung Lady Diana akan resmi berdiri di taman publik istana Kensington. Taman ini paling dipuja Lady Diana.

Untuk mengenang Lady Diana, sebelumnya telah dibuat sebuah benda atau tempat mengenangnya seperti Diana Princess of Wales Memorial Fountain, Hyde Park, yang dibuka oleh Ratu pada tahun 2004.

Di Prancis,  patung Flame of Liberty di Pont de L'Alma dibangun di Paris  untuk mengenang Lady Diana. Bangunan ini dekat dengan lokasi tewasnya sang putri Inggris.

MIRROR | MARIA RITA