Bola, Jakarta - Ketidakpastian nasib Dimitri Payet di West Ham berakhir dengan manis. Kubu The Hammers akhirnya menerima tawaran Marseille untuk penyerang andalannya itu.

Laman BBC menyebutkan bahwa West Ham menerima tawaran 25 juta pound sterling atau sekitar Rp 419 miliar yang diajukan Marseille. Payet pun dikabarkan akan segera terbang ke Prancis untuk menjalani pemeriksaan medis dan menyelesaikan kontrak.

Kepastian transfer ini bisa dianggap baik bagi kedua belah pihak. West Ham tentu saja meraih untung besar karena mereka hanya membeli Payet seharga 10,7 juta pound sterling dari Marseille pada Juni 2015 lalu.

Bagi Payet, transfer ini mengabulkan keinginannya untuk kembali bermain di Prancis. Pemain 29 tahun itu sejak awal Januari menolak bermain untuk West Ham.

Dia beralasan dirinya mengalami cedera, padahal berdasarkan pemeriksaan tim medis West Ham, Payet dalam kondisi bugar 100 persen. Payet kemudian menyatakan bahwa dirinya ingin hengkang dari West Ham dengan alasan kangen dengan kampung halamannya.

Masalah ini sempat membuat Manajer West Ham, Slaven Billic, geram. Billic sempat menyatakan tak akan mengabulkan keinginan Payet untuk hijrah meskipun si pemain menolak bermain.

Namun, setelah menolak 2 tawaran Marseille dan membeli Robert Snodgrass Billic pun berubah pikiran.

Payet merupakan pemain andalan West Ham pada musim lalu. Dia berhasil mencetak 12 gol pada musim pertamanya di Liga Primer Inggris dan masuk dalam nominasi pemain terbaik Liga Inggris musim 2015-2016. Atas prestasinya itu, dia mendapatkan kontrak baru dari West Ham pada Februari tahun lalu.

Namun, pasca bermain untuk Prancis di Piala Eropa, Payet tak menunjukan performa meyakinkan musim ini. Pada paruh pertama dia hanya mencetak 3 gol bagi West Ham.

BBC|FEBRIYAN