Nasional, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ikut memeriahkan perayaan tahun baru imlek di Palembang, yang digelar mulai dari Jumat malam hingga Sabtu 28 Januari 2017. Jumat malam, Alex tampak di antara ratusan warga tionghoa yang tengah merayakan imlek di Grand Ballroom Rajawali. Hari ini Alex dijadwalkan mendatangi sejumlah toko tionghoa.

"Mari kita jaga jangan ada kerusuhan etnis di sini," kata Alex Noerdin, Sabtu.

Menurutnya, selama ini warga Tiongho sangat menjunjung tinggi perbedaan dan keyakinan sehingga ia mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah ikut menjaga ketertiban di Sumsel. Sebagai pemerintah Alex berupaya keras menjaga tidak ada kerusuhan antar etnis dan antar agama di wilayah itu sehingga tercipta kerukunan di Sumsel.

Alex Noerdin yakin bila kerukunan antar umat beragama dan antar etnis serta hubungan dengan pemerintah berlangsung baik, maka akan terciptalah suasana kehidupan beragama yang harmonis seperti yang diharapkan bersama. "Kita yakin bahwa setiap agama mengajarkan agar para pemeluknya senantiasa berbuat baik."

Soenarto Goenawan, salah seorang warga Tionghoa di jalan A. Yani, Palembang menuturkan ia telah menanamkan toleransi sejak dini pada anak-anaknya. Pada perayaan hari keagamaan dia selalu membuka rumahnya untuk semua warga yang ada di sekitarnya termasuk warga non Tionghoa. Walhasil ia tidak pernah merasa sebagai penduduk minoritas.

"Jangan terlalu sering menutup diri dengan orang di sekitar kita," katanya.

PARLIZA HENDRAWAN