Nasional, Madiun – Pengurus Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Hwie Ing Kiong atau Kelenteng Madiun, Jawa Timur menilai shio ayam api pada tahun 2017 atau 2568 penanggalan Cina memberi kesempatan kemajuan di berbagai bidang kehidupan.

‘’Kalau dalam politik yang penting ada kebersamaan baik, tapi kalau mau saling menghancurkan ya wis (ya sudah),’’ kata Wakil Humas TITD Hwie Ing Kiong Madiun, Erfan Sutanto, Selasa, 24 Januari 2017.

Demikian pula dengan kehidupan berbangsa. Menurut dia, dalam tahun tahun baru Cina dibutuhkan persatuan yang kuat antara pemimpin di negeri ini. Berdasarkan shio ayam api, ia melanjutkan, mempunya sifat saling mendukung keadaan.

Baca juga:
Imlek, Ada Bintang Penolong di Tahun Ayam?
Antasari Azhar Hadir di Debat Pilkadi DKI, Merapat ke PDIP?

‘’Ayam posisinya di timur dengan unsur kayu. Kayu ini memperkuat atau mendukung api,’’ ujar Erfan kepada Tempo.

Meski demikian, ia melanjutkan, keadaan baik maupun buruk yang bakal terjadi tergantung dari perjuangan yang dilakukan. Apabila kebersamaan terjalin dengan kuat diperkirakan maka tujuan akan tercapai. ‘’Selanjutnya tergantung kita,’’ ujarnya.

Lantaran itu, Erfan tidak bersedia menjelaskan lebih rinci ihwal kemungkinan yang bakal terjadi pada tahun ayam api. Ia beralasan, apapun yang menimpa pada seseorang, masyarakat maupun negara dipengaruhi dari cara berpikir, tindakan maupun penyikapannya.

Humas TITD Hwie Ing Liong, Lianawati, mengatakan bahwa setiap malam pergantian tahun ratusan jemaat berkunjung ke tempat peribadatan di Jalan Hos Cokroaminoto, Kota Madiun. Mereka melaksanakan ibadah dengan harapan agar tahun depan lebih baik dari sebelumnya.

‘’Kita juga perlu instropeksi diri. Yang baik diteruskan dan yang buruk dikurangi atau ditinggalkan,’’ ujar dia.

NOFIKA DIAN NUGROHO

Simak juga:
Majelis Adat Dayak Desak Rizieq Syihab Diadili
Hina Kapolda Jawa Barat di Instagram, Pemuda 23 Tahun Ini Dicokok