Pilkada, Jakarta - Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni berkunjung ke kediaman BJ. Habibie. Agus mengaku mendapat dua pesan dari Presiden Republik Indonesia ketiga itu.

Habibie, kata Agus, meminta dirinya dan Sylviana menjaga persatuan di antara warga DKI Jakarta bila terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur. Pasalnya akhir-akhir ini banyak masalah kerukunan di antara warga DKI yang mengkhawatirkan bila tidak dikelola dengan baik.

Selain itu Habibie mengingatkan bahwa Indonesia menjunjung tinggi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. "Kepada kami berdua beliau menitipkan jika terpilih agar melakukan upaya yang bisa terus mempersatukan masyarakat di Jakarta," kata Agus di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta, Ahad, 29 Januari 2017.

Selain itu, Habibie juga berpesan agar keduanya konsisten membela kepentingan rakyat. "Saya sampaikan itulah yang menjadi komitmen kami," tuturnya.

Putra sulung Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono ini berujar membela kepentingan rakyat merupakan alasan utama dirinya memilih terjun dalam kontestasi pemilihan Gubernur Jakarta ini. "Inilah semangat dan motivasi bagi kami untuk berjuang untuk rakyat," ucapnya.

Selain berpesan dua hal tadi, Habibie, kata Agus, banyak bercerita tentang nilai-nilai dan moral yang baik. Habibie berharap masyarakat Jakarta semakin baik dan modern namun tetap berkarakter dan memiliki jati diri bangsa Indonesia.

"Jakarta ya Jakarta, bukan Ibu kota negara lainnya. Artinya punya karakter dan ciri khas yang unik dan itu perlu kami pelihara dan digunakan untuk kemajuan ke depan," ucap Agus.

AHMAD FAIZ