Bola, Jakarta - Juergen Klopp menegaskan gaya permainan menekan yang ia terapkan tidak bisa disalahkan atas kemerosotan tampilan Liverpool sepanjang Januari.Hal itu dia sampaikan menjelang pertandingan babak keempat Piala FA melawan Wolverhampton, Sabtu malam ini.

Liverpool hanya menang sekali sepanjang awal 2017. Pada laga terakhirnya mereka dikalahkan Southampton sehingga tersingkir dari semifinal Piala Liga.


Meski mengakui kelelahan mempengaruhi timnya tapi Klopp menyatakan hal itu bukan karena kerasnya pola latihan yang ia berikan. "Latihan kami tidak berubah, laporan juga menunjukkan kondisi fisik mereka masih bagus, terutama dalam hal lari jarak jauh," kata dia.


Kelelahan yang dialami timnya dinilainya karena jadwal yang sangat padat sejak akhir tahun lalu. 


Klopp justru meyakini bahwa keputusan-keputusan salah yang dilakukan pemainnya di lapangan menjadi penyebab kemunduran itu.


"Sampai sekarang masalahnya bukan soal kebugaran. Kami bermain tak terlalu bagus tapi harusnya masih bisa menang. Kami bisa menang melawan Manchester United dan Swansea, jadi itu bukan soal hal-hal yang bisa diukur. Sepak bola adalah soal pengambilan keputusan," kata Klopp.


Pelatih asal Jerman itu menegaskan dalam sepak bola pemain harus selalu mengambil keputusan tepat di waktu yang tepat. "Jelas kami tak melakukannya (putusan tepat) dengan sering," kata dia. "Kami tak mencari alasan. Kami yakin itu sepenuhnya tanggung jawab Kami."


Dalam pertandingan Klopp melihat timnya masih memberikan yang maksimal. "Jami tak berlari lebih sedikit, tidak juga memberi komitmen yang lebih sedikit," kata Klopp. "Dalam satu atau dua laga kami memang menciptakan lebih sedikit peluang, itu benar dan itu karena soal pengambilan keputusan, soal bagaimana melakukan umpan yang tepat, tapi semuanya masih dalam proses."


Liverpool harus segera Bangkit dari keterpurukan karena setelah melawan Wolverhamton di Piala FA mereka akan menghadapi Chelsea di Liga Primer pada Selasa mendatang.


SOCCERWAY | NS