Bisnis, Jakarta - Taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug melakukan kegiatan pembersihan lingkungan di Pasar Curug, Tangerang, Banten. Sekitar 100 taruna turut serta membersihkan fasilitas umum, danau buatan, dan drainase di sekitar Pasar Curug.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, Wahju Satrio Utomo, mengatakan kegiatan tersebut dipilih agar sesuai dengan permintaan Menteri Perhubungan. “Kegiatan taruna harus humanis,” kata dia menirukan arahan Menteri, seperti dilansir keterangan tertulis, Sabtu, 28 Januari 2017.

Baca:
Kemenhub Akan Gelar Diklat Gratis untuk 48.335 Orang
Ini yang Membuat Yamaha R15 Galak saat Digeber

Ketua STPI, Novyanto Widadi, mengatakan kegiatan diawali dengan pembersihan kampus dan berlanjut ke lingkungan masyarakat. Menurut dia, kegiatan seperti ini juga telah dilakukan di beberapa lokasi. Salah satunya di Pasar Legok. Ke depan, STIP berencana membersihkan kawasan pasar dan stasiun Parung Panjang. “Ini akan dijadikan rutinitas taruna,” kata dia.

Kepala Desa Curug wetan, Kecamatan Curug, M. Sobri mengatakan kegiatan pembersihan oleh taruna STPI telah menghilangkan tumpukan sampah di belakang pasar. “Saya sangat berterimakasih kepada STPI atas kegiatan bersih-bersih yang dilakukan, manfaatnya sangat dirasakan oleh warga, sampah di belakang pasar sudah bersih,” kata dia.

Selain membersihkan lingkungan, pembinaan kekeluargaan di lingkungan kampus STPI juga ditingkatkan. Taruna STPI diberikan kesempatan berdialog langsung dengan Ketua STPI setiap sesudah makan malam. Perwakilan taruna STPI setiap hari bergantian berdialog dengan Ketua STPI di rumah dinas.

Simak:
Impor Gas, Ini yang Harus Dipertimbangkan
Kurangi Keluhan Penumpang di Bandara, Ini Solusi dari AP2

Novy mengungkapkan banyak hal yang dia temukan melalui kegiatan tersebut. Salah satunya, rasa khawatir taruna dengan beredarnya video kekerasan taruna. “Mereka khawatir kalau orang tua cemas terhadap kondisi mereka.”

Wahju mengatakan kegiatan humanis tersebut akan diterapkan di seluruh sekolah di lingkungan BPSDMP dengan bentuk bervariasi. Di BP2IP Malahayati, Aceh, taruna membaur dengan anak SD untuk melatih mereka menata upacara. Siswa SD tersebut juga diberi kesempatan untuk masuk kampus BP2IP dan melihat proses diklat pelayaran.

Di STIP Jakarta, pembinaan pengabdian taruna dilakukan dengan lomba futsal antar SMA. Taruna dari berbagai angkatan mengkoordinasikan acara. “Ini akan terus dilakukan seluruh UPT BPSDMP,” kata Wahju.

Kegiatan lain yang juga dilakukan antara lain sosialisasi anti narkoba. BPSDMP bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) memberikan penyuluhan anti narkoba di beberapa kampus di lingkungan BPSDMP seperti ATKP Surabaya, Poltekpel Surabaya, dan API Madiun.

VINDRY FLORENTIN