Bola, Jakarta - Barcelona kembali mendapatkan hasil tak memuaskan setelah hanya bermain imbang 1-1 di kandang Real Betis Ahad malam tadi. Mereka gagal memetik kemenangan karena satu gol yang mereka ciptakan tak disahkan oleh wasit.

Barcelona tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Namun rapatnya pertahanan Betis yang menerapkan taktik sepak bola negatif membuat Barcelona kesulitan mencetak gol.

Pada babak pertama Barcelona memiliki setidaknya 2 peluang emas melalui sepakan Luis Suarez dan Neymar. Namun kedua peluang itu masih bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Antonio Adan.

Betis yang lebih banyak mengandalkan serangan balik bermain cukup efektif. Mereka berhasil 3 kali mengancam gawang Barcelona. Beruntung bagi skuad asuhan Luis Enrique, penjaga gawang Marc Andre ter-Stegen tampil cukup sigap pada babak pertama sehingga skor bertahan 0-0 hingga turun minum.

Pada babak kedua, dominasi Barcelona terus berlanjut. Namum mereka justru kebobolan lebih dahulu pada menit ke-75. Alexs Alegria berhasil mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang Barcelona setelah Betis mendapatkan sepak pojok.

Pad amenit ke-80 Barcelona sebenarnya berhasil menyamakan kedudukan. Umpan silang mendatar AleiX Vidal dari sisi kanan salah diantisipasi pemain belakang Betis. Bola meluncur ke dalam gawang Adan.

Anehnya, wasit menganulir gol itu karena Aissa Mandi berhasil membuang bola keluar. Padahal berdasarkan siaran ulang jelas terlihat bola telah jauh melewati garis gawang.

Gol Barcelona akhirnya tercipta pada menit ke-90. Suarez berhasil lolos dari jebakan offside lini belakang Betis untuk menyambut umpan terobosan Lionel Messi. Suarez pun berhasil menceploskan bola ke pojok kiri bawah gawang Adan dan membuat skor 1-1.

Dengan hasil ini, Barcelona gagal merapatkan perolehan angkanya dengan pimpinan klasemen sementara, Real Madrid. Mereka tertinggal 1 angka dari Real Madrid yang masih memiliki tabungan 2 pertandingan. Artinya, jika Madrid menang dalam 2 laga itu Barcelona akan tertinggal 7 angka.

BBC|FEBRIYAN