Pilkada, Jakarta - Tahapan pemilihan kepala daerah DKI Jakarta memasuki masa tenang mulai 12 hingga 14 Februari 2017. Tak diizinkan lagi ada aktivitas kampanye, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Para pasangan calon gubernur pun punya cara berbeda dalam memanfaatkan masa tenangnya setelah tiga bulan berkampanye keliling Jakarta. Berikut ini kegiatan tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Baca: Begini Para Paslon Pilkada DKI Tutup Rangkaian Kampanye

Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni
Setelah mengakhiri kampanye dengan kampanye akbar di GOR Soemantri Brojonegoro pada Sabtu, 11 Februari 2017, Agus berencana berangkat menunaikan ibadah umrah bersama istrinya, Annisa Pohan. Dalam akun Instagram @annisayudhoyono, tampak foto Agus dan Annisa menggunakan pakaian berwarna putih yang diberi caption “Bersiap untuk ibadah umroh.”

Sedangkan Sylvi akan tetap berada di Jakarta. Mantan Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI ini mengaku akan memanfaatkan masa tenang untuk berdoa.

Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat
Pasangan calon inkumben ini akan kembali bertugas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. Bertepatan dengan masa akhir kampanye, secara resmi Ahok menerima nota singkat kerja dari pelaksana tugas Gubenur DKI Jakarta, Sumarsono.

Ahok juga dijadwalkan akan segera meresmikan sejumlah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Keduanya akan langsung beraktivitas di Balai Kota DKI pada Senin, 13 Februari 2017.

Anies Baswedan-Sandiaga Uno
Anies mengaku akan “jaga gawang” alias hanya akan berada di Jakarta selama masa tenang berlangsung. Namun dia akan melakukan sejumlah aktivitas bersama keluarganya. Dia berencana mengajak keluarganya ke Museum Fatahillah pada Ahad, 12 Februari 2017.

Sedangkan Sandi memilih menunaikan umrah seperti Agus. “Buat saya sih saya sudah merasa ikhtiar kita sudah maksimal bersama Mas Anies, dan ikhtiarnya sudah maksimal ya memohon kepada Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Di sisi lain, Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta bekerja sama dengan instansi terkait juga mulai membersihkan atribut kampanye para pasangan calon yang masih terpasang di ruang publik. Pada masa tenang ini, Jakarta harus bebas dari alat peraga kampanye.

FRISKI RIANA | CHITRA PARAMAESTI | NINIS CH