Nasional, Makassar - Kepala Kepolisian Sektor Takalar, Ajun Komisaris Besar Polisi Iskandar, mengatakan telah terjadi kecelakaan tunggal Mobil Mitsubshi Colt Nomor Polisi DD 7688 BJ di Jalan Poros Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu, 12 Februari 2017, sekitar pukul 07.30 Wita. Mobil tersebut masuk ke sungai yang tidak dalam dan alirannya tidak deras.

Para penumpang mobil keluar berhasil keluar dan dievakuasi warga sekitar. "Penumpang yang luka-luka masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Padjonga Daeng Ngalle Takalar," kata Iskandar kepada Tempo, Minggu, 12 Februari 2017.

Menurut Iskandar, mobil tersebut berkecepatan tinggi, sehingga sopir tak bisa mengendalikannya. Akibat mobil itu tiba-tiba oleng mengarah ke kiri lalu menabrak pohon dan kios yang berada di pinggir jalan lalu terjun bebas ke sungai di Kelurahan Palekko, Kecamatan Polut, Kabupaten Takalar.

Ia membeberkan penumpang yang ada di mobil berjumlah 37 orang termasuk siswa, guru dan sopir. Iskandar juga merincikan jumlah penumpang yang mengalami luka yaitu dua orang luka robek di tangan, satu robek di pipi dan satu orang tidak luka luar tapi dironsen saja. "Mobil ini dari arah utara ke selatan," tutur dia.

Iskandar menjelaskan bahwa rombongan siswa SMAN 1 Tamalatea, Kabupaten Jeneponto ini baru saja pulang dari Kabupaten Tana Toraja untuk melakukan studi tour.

Namun, di tengah perjalanan tepatnya di Takalar, sopir tak bisa mengendalikan mobil akibat terjun ke sungai. Diketahui rombongan siswa tersebut berangkat ke Tana Toraja pada Jumat lalu. "Mungkin sopirnya ngantuk," kata Iskandar.

DIDIT HARIYADI