Metro, Depok - Dinas Pendidikan Kota Depok menghimbau pelajar di Depok, tidak merayakan hari Valentine Day atau hari kasih sayang pada 14 Februari 2017. Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah hari kasih sayang adalah setiap saat.

"Valentine Day bukan budaya orang Indonesia. Setiap hari adalah hari kasih sayang," kata Siti, Senin, 13 Februari 2017.

Dinas Pendidikan telah mengeluarkan surat edaran siswa merayakan Valentine Day di dalam maupun di luar sekolah, pada Rabu, 8 Februari kemarin. Surat edaran tersebut sudah diberikan kepada seluruh SD, SMP, SMA negeri maupun swasta di Depok. "Depok tegas melarang perayaan tersebut," ujarnya.

Siswa diharapkan bisa mengisi kegiatan lain yang lebih bermanfaat sesuai dengan adat dan budaya ketimuran orang Indonesia. Selain itu, setiap orang tua juga bisa mengajak putra putrinya untuk melakukan kegiatan yang lebih baik di rumah maupun di luar rumah.

Kegiatan tersebut bisa dengan mengajak rekreasi bersama untuk meningkatka harmonisasi dan ketahanan keluarga. Selain itu, seluruh perangkat sekolah diharapkan bisa menanamkan sikap dan prilaku karakter atau kepribadian yang bisa melestarikan nilai-nilai luhur budaya Indonesia.

"Setiap sekolah wajib memantau kegiatan siswa. Depok melarang siswa merayakan valentine," ujarnya.

IMAM HAMDI