Tekno, San Francisco -  Asisten pribadi Google, disebut Google Assistant, sejauh ini hanya resmi tersedia pada ponsel Pixel dan Pixel XL, saat diluncurkan. Namun, sebuah rilis alpha baru dari aplikasi Google (v6.13) untuk pengguna yang mendaftar ke saluran beta menunjukkan bahwa hal itu mungkin berubah dalam waktu dekat.

Android Police melaporkan bahwa aplikasi itu memungkinkan Assistant dengan menahan tombol Home (bukan Now on Tap) pada setidaknya satu Galaxy Note5 (menjalankan Android 6.0.1 Marshmallow) dan Nexus 6P (yang menjalankan Android terbaru 7.1.1 Nougat) .

Baca:
300 Paus Pilot yang Terdampar di Selandia Baru, Tewas
Anjing Mencerminkan Kepribadian Pemiliknya
Samsung Galaxy Tab S3 Didukung Stylus S Pen

Sebuah Nexus 6P lainnya menolak cara ini, sehingga menjadi bahan spekulasi kondisi apa yang harus dipenuhi untuk menjalankan Assistant.

Versi baru dari aplikasi Google itu memungkinkan menambahkan informasi pembayaran kepada Assistant. Selain itu, v6.13 menambahkan sebuah halaman pencarian terbaru dan mode lite.

Sebelumnya dilaporkan ponsel G6 dari LG disebut bakal menjadi ponsel non-Pixel pertama yang menyertakan Assistant. LG juga disebut sedang dalam pembicaraan dengan Amazon untuk kemungkinan menggabungkan Alexa ke ponsel andalannya.

Ketika Google meluncurkan ponsel Pixel pada bulan Oktober, ia menyebut Assistant sebagai salah satu nilai jual utama. CEO Google Sundar Pichai menyebut Assistant sebagai "Google pribadi Anda”. Dalam pengujian yang dilakukan Mashable, Assistant mengalahkan Siri dalam beberapa aspek.

Membiarkan Assistant pada ponsel non-Google bisa membantu membuatnya menjadi tren utama secara lebih cepat. Amazon mengejar strategi yang sama dengan membuat platform Alexa terbuka bagi setiap pembuat perangkat untuk digunakan.

Dengan AI dan asisten digital begitu hangat hari-hari ini, wajar jika LG akan berusaha mendapatkan kesepakatan menggunakan Assistant pada ponselnya. Langkah ini akan sangat sejalan dengan keputusan LG untuk menghadirkan Assistant pada dua jam tangan Android Wear 2.0 miliknya yang akan datang.

Selain Google Assistant dan Alexa, Samsung diharapkan untuk merilis asisten digital miliknya, bernama Bixby, yang akan dimulai dengan Galaxy S8 semester ini.

ENGADGET | ERWIN Z