Travel, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan Kampung Al Munawar Palembang sebagai tempat tujuan wisata di Palembang. “Karena areal ini cukup menarik,” kata dia di Palembang, Sabtu.

Apa sih keistimewaan kampung ini?

Berita lain: Indonesia Juara Destinasi Selam Tingkat Dunia

Berada di Kelurahan 13 Ulu, Palembang, kawasan ini dihuni masyarakat keturunan Arab. Ragam budaya masyarakat Arab berkembang baik di sini. Uniknya, budaya itu mampu menyatu dengan budaya lokal seperti peringatan Isra Miraj dan shalawat maulid nabi, dan  20 malam penutupan yang unik.

Tidka hanya itu. Pelancong bisa menikmati keindahan arsitektur rumah panggung yang berusia lebih dari 250 tahun. Belum lagi kuliner ala Timur Tengah yang dipadu dengan kopi khas Kampung Al Munawar. “Ini tentu saja sayang untuk dilewatkan,” ujar Alex Noerdin.

Berita lain: Menikmati Cokelat Asli dari Gunung Api Purba 

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gede Pitane mengatakan, masyarakat harus mengubah cara fikir bahwa antara pariwisata dengan unsur lainnya tak bisa berdampingan.

“Antara pariwisata dan budaya bisa berdampingan bersama-sama begitu juga kegiatan religi berjalan seiring,” kata I Gede Pitane.

ANTARA