Pilkada, Jakarta - Ketiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta juga memiliki hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 15 Februari 2017. Ketiga paslon cagub-cawagub akan mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta.

Menurut Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, TPS ditentukan oleh data pemilih tetap (DPT). "Sebelum menetapkan DPT, kami sudah memetakan TPS sesuai dengan jumlah pemilih yang ada dalam suatu wilayah geografis," kata Betty saat dihubungi, Senin, 13 Februari 2017.

Baca juga:
Berantas Politik Uang di Pilkada DKI, Polda Bentuk Tim OTT
KPU DKI Bakal Audit Laporan Pengeluaran Kampanye Paslon


Setelah TPS dipetakan sesuai dengan jumlah pemilih, Betty berujar, data tersebut dimuktahirkan di lapangan. Menurut dia, pemutakhiran tersebut dilakukan oleh petugas pemuktahiran DPT. "Jadi paslon tidak dapat menentukan TPS-nya sendiri karena yang menentukan dan menetapkan adalah KPU DKI Jakarta," tutur Betty.

Dalam pencoblosan yang digelar lusa mendatang, Betty mengatakan, cagub nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhonono akan mencoblos di TPS 6 Kelurahan Rawa Barat, Jakarta Selatan. Sementara itu, cawagub nomor urut 1 Sylviana Murni akan menggunakan hak pilihnya di TPS 103 Kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Cagub nomor urut 2 atau petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menurut Betty, akan turut dalam pencoblosan Pilkada DKI Jakarta di TPS 54 Kelurahan Pluit, Jakarta Utara. Cawagub Ahok, Djarot Saiful Hidayat, akan mencoblos di TPS 8 Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Betty menuturkan, cagub nomor urut 3, Anies Baswedan, akan mengikuti pencoblosan Pilkada DKI Jakarta di TPS 028 Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Adapun cawagub nomor urut 3, Sandiaga Uno, menurut Betty, akan menggunakan hak pilihnya di TPS 1 Kelurahan Selong, Jakarta Selatan.

ANGELINA ANJAR SAWITRI