Gaya, Jakarta - Warga Denmark dikenal sebagai bangsa paling bahagia di dunia. Salah satu kunci ketenangan dan kebahagiaan hidup bangsa Skandinavia ini adalah “Hygge” (baca hooga), yang artinya kenyamanan jiwa. Bahkan musim dingin yang panjang dan sangat menyiksa di daratan Eropa bagian utara itu tak membuat warga di sana stres.

Baca juga :Hati-hati Pernikahan Bisa Hancur Akibat yang Satu Ini

Meik Wiking adalah ketua eksekutif di Happiness Research Institute di Kopenhagen dan juga penulis buku “Little Book of Hygge: Danish Secret to Happy Living”. Kepada Health.com, ia membagi enam rahasia kebahagiaan orang Denmark.

1. Ciptakan atmosfer yang nyaman
“Orang Denmark sangat terobsesi dengan desain interior karena rumah adalah markas gaya hygge,” jelas Wiking. Salah satu perabot yang palng disuka adalah semacam kursi nyaman untuk menikmati kopi dan membaca koran. Ruangan yang nyaman akan membuat penghuninya betah berlama-lama di dalamnya.

2. Simpan kebutuhan darurat
Orang Denmark juga gemar menyimpan berbagai kebutuhan yang akan mereka gunakan untuk menyenangkan diri sendiri, seperti cokelat lezat, teh herbal, selimut lembut, kaus kaki wol yang hangat, dan sebagainya.

3. Belajar kerajinan
Merajut adalah kerajinan khas hygge, bukan hanya identik dengan wanita tua. Kegiatan ini tak perlu terburu-buru, memiliki ritme teratur yang menenangkan, dan membuat pelakunya menjadi fokus. Bila tak suka bermain dengan alat rajut, banyak kegiatan lain yang bisa dicoba, seperti melukis atau membuat tembikar. (Baca :Ini Trik Membuat Incaran Anda Salah Tingkah)

4. Pilih makanan enak
Gaya hygge tak pernah khawatir dengan makanan. Orang Denmark suka kue kering, kue basah, dan berbagai jenis roti, apalagi yang baru diangkat dari oven. Mereka juga lebih senang berkumpul dengan teman untuk memasak bersama daripada makan malam bersama.

5. Melakukan kegiatan baru
Kebersamaan sangat penting dalam hygge. Untuk memberi waktu lebih banyak berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, orang Denmark akan melakukan berbagai aktivitas baru, seperti menyewa kabin, memetik apel bersama, bermain kartu di malam hari, atau bermain ski.

6. Selalu bersyukur
Hygge tak pernah melupakan bersyukur, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun, seperti bersepeda di hari yang cerah, secangkir cokelat hangat, atau menonton kembali film-film favorit. (Baca : Ini Kata Pakar Bahasa Tubuh Soal Penampilan Calon Gubernur)

PIPIT̢۬